Cara Sehat Merawat Buku

2013/05/04



Buku merupakan salah satu aset paling berharga sepanjang hidup manusia. Melalui buku kita dapat mengetahui banyak hal. Namun, terkadang kita lupa bahwa merawat buku itu ternyata diperlukan. Sehingga umur buku itu tidak awet dan tidak cepat rusak. Berikut beberapa kiat untuk merawat buku agar lebih sehat:

1.           Tak Kenal maka tak sayang
Hal pertama ketika mempunyai buku baru adalah dengan membubuhkan nama pemilik. Ini bermaksud agar sejauh apa pun buku itu berada, ia akan kembali.  

2.           Kebersihan
Beri sampul plastik bening untuk semua jenis ukuran buku, agar buku tetap terawat dan tidak mudah lecek usai dibaca.

3.           Berjemur a la Bule
Kebiasaan para bule yang gemar berjemur untuk menggelapkan kulitnya, berlaku juga pada buku. Sebisa mungkin tata letak buku diatur sedemikan rupa, sehingga dapat dilalui sinar matahari yang masuk. Semua ini dilakukan agar buku beroleh udara segar dan tidak berbau pengap.

4.           Sensus 
Bukan hanya penduduk yang disensus, buku juga bisa loh disensus. Jika koleksi buku mulai terlihat banyak, segaralah melakukan pendataan, agar buku yang keluar terdeteksi dengan benar.

5.           Dewey Decimal Classification (DDC)
Disebut juga dengan sistem klasifikasi persepuluhan Dewey, yang merupakan salah satu sistem klasifikasi terbaik untuk mengatalogisasi sistem penyimpanan buku—baik secara alfabetis maupun sistematis untuk memudahkan penemuan kembali bahan pustaka yang kamu butuhkan. Sebenarnya sistem DDC muncul bebarengan dengan sistem penomoran buku dari Charles A. Cutter. Namun skema buatan Dewey yang kemudian dianggap paling efisien untuk sistem penyimpanan buku.

Share this Article on :

0 comments:

Posting Komentar

 
© Copyright KonBlok 2013 - 2014 | Design by KonBlok.