Kota yang Muncul dari Dasar Laut

2013/05/07

Penulis: Desy Oktaviani

Tangerang, Squadpost.comSetelah lebih dari 1.200 tahun, akhirnya salahsatu kota di Mesir yang hilang, ditemukan. Thonis-Heracleion adalah kota yang diselimuti mitos, ditelan laut Mediterania, tertimbun pasir dan lumpur. Mengejutkan, arkeolog yang menggali misterinya, mengungkapkan bahwa artefak yang ditemukan masih terawat baik.

Kota tersebut ditemukan kembali pada tahun 2000 oleh Perancis di bawah air oleh arkeolog, Dr. Franck Goddio dan tim dari Institut Eropa untuk Arkeologi Bawah Laut (IEASM), setelah survei geofisika selama empat tahun. Reruntuhan kota yang hilang ditemukan 30 meter di bawah permukaan Laut Mediterania di Aboukir Bay, dekat Alexandria. Kota ini mungkin didirikan sekitar Abad ke-8 SM, setelah mengalami berbagai bencana alam, dan akhirnya tenggelam sepenuhnya ke kedalaman Mediterania pada Abad ke-8 M.

Diperkuat oleh penemuan 64 bangkai kapal kuno dan lebih dari 700 jangkar, kota ini juga diperkirakan berperan sebagai pusat keagamaan dan perdagangan internasional. Dari beberapa bukti yang ditemukan, Heracleion memegang peran sebagai pelabuhan bagi perdagangan antara Laut Tengah dan Sungai Nil.

Temuan lainnya termasuk koin emas, timbangan dari Athena (yang belum pernah ditemukan di situs Mesir) dan tablet raksasa tertulis dalam bahasa Yunani Kuno dan Mesir Kuno. Para peneliti berpikir bahwa artefak ini menunjukkan ketenaran Heracleion sebagai pusat perdagangan yang ramai. Selain itu, para peneliti juga menemukan berbagai artefak berbau keagaaman, termasuk patung-patung batu setinggi 16 kaki yang diperkirakan menghiasi candi di pusat kota dan sarkofagus yang diyakini berisi mumi binatang.

Penemuan besar oleh tim arkeolog dari Eropa ini merupakan penemuan yang mengejutkan sekaligus membahagiakan. Meskipun begitu, para peneliti masih diselimuti pertanyaan besar dalam benak mereka. “Mengapa kota ini tenggelam?” Beberapa ahli beranggapan, kota ini tenggelam saat gempa bumi karena letak kota yang yang dekat dengan laut. Sampai saat ini, belum ada berita terbaru tentang kota yang dibalut misteri ini.



Penyunting: Silviana Sapitri



Share this Article on :

0 comments:

Posting Komentar

 
© Copyright KonBlok 2013 - 2014 | Design by KonBlok.