Balada Cinta Remaja 'Up All Night'

2013/05/07

Penulis: Silviana Sapitri
Artis                : One Direction
Album            : Up All Night
Genre              : Pop, Pop Rock, Power Pop, Teen Pop
Produksi         : 2011/ Sony Music
Durasi             : 45:16

Tangerang, Squadpost.com – One Direction menjadi pemicu kebangkitan kembali era boyband Eropa yang sempat berjaya di tahun 1990.

Boyband yang digawangi oleh Niall Horan, Zayn Malik, Liam Payne, Harry Styles, dan Louis Tomlinson merupakan idola baru di kancah musik internasional. Jebolan The X Factor  tahun 2010 ini mulai mengeluarkan debut album perdananya yang dinamai “Up All Night.”

Album ini diluncurkan pada akhir 2011 di Inggris, dan Maret 2012 di Amerika Serikat. Album ini berhasil mencatat sejarah One Direction sebagai musisi Inggris pertama yang sukses berada di puncak chart Billboard 200 dengan mengalahkan The Beatles dan Adele.

Album ini berisikan 13 lagu, dengan single pertama “What Makes You Beautiful” yang juga  berhasil menjadi hits di Tanah Air.

What Makes You Beautiful : Nada yang Catchy dipadupadankan dengan tempo yang nge-beat , renyah, serta menimbulkan semangat yang pas bagi mereka yang sedang jatuh cinta. Lagu ini membuat semakin menyentuh mereka yang tengah kasmaran. Hits One Direction ini menceritakan tentang seorang lelaki yang sangat mengagumi perempuan yang ia sukai, meski perempuan tersebut tak mengetahui apa yang membuat si lelaki menyukainya.

Gotta Be You : Berbeda dengan lagu pertama, dalam lagu ini tempo agak melambat dengan diiringi drum dan sentuhan orkestra. Menceritakan tentang penyesalan seseorang terhadap pasangannya dan berharap pasangannya mau memaafkan, serta menjalin hubungan seperti dulu.

One Thing : Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang didalam pikirannya dipenuhi dengan pasangannya, lantaran pasangannya memiliki apa yang ia inginkan.

More Than This : Lagu yang pas menemani seseorang yang sedang galau dan ingin menangis. Dalam lagu ini kita seolah terbawa pada perasaan ketika melihat orang yang kita cintai sudah bersama orang lain. Meski kita sudah tak memilikinya, tetapi kita merasa bahwa kita lebih bisa mencintai orang tersebut dibanding siapa pun.

Up All Night : Judul lagu yang sama dengan albumnya menjadi senjata lantaran lirik yang sangat muda dan penuh semangat. Dibuka dengan suara synthesizer dan memiliki tempo yang cukup cepat ini mengisahkan tentang menemukan seseorang dalam sebuah pesta.

I Wish : Cinta harus diungkapkan, jangan hanya dipendam karena kita akan menyesal kala melihat orang tersebut telah bersama orang lain adalah kisah dibalik lagu ini.

Tell Me A Lie : Lagu ini mencoba menceritakan bahwa dalam setiap hubungan takkan selalu mulus, akan ada pertengkaran yang mewarnai tetapi jangan meratapinya dengan kegalauan.

Taken : Lagu ini sangat mewakili realita sebagian besar remaja. Ketika kita berhasil melupakan mantan kekasih dan menemukan pasangan baru, tiba-tiba mantan tersebut hadir kembali dan ingin kembali merajut kasih.

I Want : Lagu ini terkesan lebih gelap dan tegas. Kehadiran distorsi gitar menambah kesan bahwa lelaki tidak menyukai perempuan yang sekadar menginginkan materi semata.

Everything About You : Cinta semakin menyenangkan apabila kita berhasil menemukan orang yang tepat untuk kita. Inilah kisah yang ingin One Direction ceritakan lewat nada yang beat—membuat kita ingin bergoyang.

Some Mistakes : Tema yang diangkat sama seperti Tell Me A Lie yang mengisahkan tentang percecokan antara pasangan.

Save You Tonight :Tema cinta yang sangat universal. Sama seperti seluruh lagu dalam album ini, namun di lagu ini menceritakan bahwa kita pasti memiliki kekurangan, tetapi dengan keinginan yang kuat mampu membuat kita mendekati kesempurnaan.

Stole My Heart : Bila kita dimanjakan dengan lagu pop dalam seluruh lagu di album ini, di lagu ini lebih menggunakan unsur R&B yang mendominasi seperti boyband korea yang tengah menjadi kiblat boyband Indonesia. Lagu ini menceritakan tentang perasaan pada pandangan pertama.

Keseluruhan dalam lagu ini sangat mewakili realita yang tengah melanda kaum remaja. Dikemas secara apik dengan lantunan suara merdu, dan  juga wajah yang tampan semakin memanjakan penggemar musik dimana pun. Lirik sederhana serta musik yang catchy menjadikan lagu ini tidak monoton dan layak dijadikan referensi bagi boyband dunia.


Editor: Kahfi Dirga Cahya
Share this Article on :

1 comments:

Anonim mengatakan...

suka sama lagu-lagunya. PAS banget sama realita remaja jaman sekarang :D

Posting Komentar

 
© Copyright KonBlok 2013 - 2014 | Design by KonBlok.